Begini Tips Melindungi Merek Terkenal

Begini Tips Melindungi Merek Terkenal

Memiliki suatu produk yang mereknya telah dikenal oleh penduduk mungkin suatu perihal yang diidamkan oleh para pelaku usaha. Dengan produk yang mereknya telah terkenal, maka sistem penjualan pasti akan lebih mudah. Namun, pelaku usaha yang telah memiliki produk bersama dengan merk terkenal perlu selamanya mengupayakan menjaga merk terkenal miliknya tersebut. Setidaknya ada delapan cara yang perlu dikerjakan oleh pelaku usaha pemilik merk terkenal untuk menjaga mereknya tersebut.

Berikut adalah tipsnya: Pertama, langsung mendaftarkan merk miliknya. Permohonan pendaftaran merk bertujuan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen KI Kemenkumham). Tujuan berasal dari pendaftaran ini adalah supaya merk Anda tersebut tidak akan ditiru oleh pihak lain. Selain itu, pendaftaran merk termasuk memiliki tujuan untuk menanggung kepastian hukum atas merk yang terdaftar sebagai alat bukti bila berjalan sengketa.

Dengan memiliki merk terdaftar, maka tiap tiap pihak yang ingin mengfungsikan merk Anda sudah pasti perlu menghendaki izin kepada Anda dahulu. Izin ini yang diberikan kemudian diubah jadi royalti karena negara menjaga hak ekonomi tiap tiap orang atas merk tersebut. Kedua, mendaftarkan merk di beragam negara. Apabila Anda merencanakan untuk megekspor produk Anda ke luar negeri, sewajarnya Anda mendaftarkan merk tidak cuma di Indonesia jasa perlindungan merek .

Pendaftaran merk ke negara-negara target ekspor termasuk perlu dikerjakan supaya merk tersebut mampu diketahui dan dikenal oleh negara lain. Daftarkan langsung merk tersebut di negara-negara daerah Anda akan berekspansi. Ketiga, buatlah merk Anda tambah terkenal di beragam media. Merek merupakan suatu identitas berasal dari suatu produk. Untuk mengakibatkan merk Anda jadi pilihan pembeli sampai jadi terkenal perlu mempraktikkan trick pemasaran.

Model pemasaran yang ada sudah pasti beragam supaya merk Anda akan tambah terkenal. Upayakan merk Anda tampil di beragam media, baik media cetak maupun media elektronik atau online. Lakukan apa saja supaya merk Anda terkesan berbeda berasal dari produk lain supaya lanyak dikenal orang. Semakin terkenal merk Anda, tambah kecil mungkin merk tersebut direbut oleh pihak lain. Keempat, mengfungsikan selamanya merk Anda. Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2016 perihal Merek dan Indikasi Geografis, merk mampu dihapus bila tidak dugnakan sepanjang tiga tahun berturut-turut didalam perdagangan barang dan/atau jasa sejak tanggal pendaftaran atau pemakaian terakhir. Jadi, untuk menjauhi perihal tersebut, mengfungsikan merk langsung sesudah terdaftar.

Kelima, jangan lupa untuk melaksanakan perpanjangan merek. Permohonan perpanjangan mampu tidak diterima oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI), bila permohonan tersebut diajukan lewat berasal dari jangka waktu yang ditentukan. Untuk menjauhi perihal tersebut berjalan lakukanlah langsung perpanjangan merk Anda tepat waktu. Keenam, edukasi merk ke pembeli dan distributor.

Merek Anda perlu diedukasikan ke pembeli dan distributor bahwa merk tersebut adalah Anda yang salah satu memproduksi itu. Selain itu, beri memahami bahwa merk Anda telah terdaftar di HKI dan di luar negeri. Hal ini dikerjakan supaya mereka memahami bahwa merk Anda adalah merk terkenal yang telah didaftarkan dan termasuk untuk mencegah terjadinya pelanggaran merk yang tidak diinginkan.

Ketujuh, simpan bukti-bukti pengeluaran. Bukti pengeluaran untuk marketing, kebutuhan, dan biaya-biaya lainnya perlu disimpan sebaik mungkin. Karena kebanyakan hal-hal itu dibutuhkan saat ditanya di pengadilan. Kedelapan, melaksanakan monitoring dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, persaingan memang bukanlah perihal yang aneh. Untuk itu, Anda perlu kerap memonitor dunia usaha yang ada.

Hal ini dikerjakan memiliki tujuan supaya Anda langsung memahami bila ada yang melaksanakan penjiplakan pada merk Anda. Selain itu, perihal yang patut dicegah adalah terkecuali ada pihak lain yang mendaftarkan merk terkenal Anda lebih-lebih dahulu di kamar lain, layaknya bila merk terkenal Anda telah didaftarkan di bidang pakaian, selanjutnya pihak lain mengfungsikan merk Anda bersama dengan mendaftarkan di bidang teknologi. Itulah yang perlu kiranya diperhatikan didalam berbisnis.

Leave a Comment