Cara Bijak Menggunakan Media Sosial, Jaga Etika dan Privasi

Cara Bijak Menggunakan Media Sosial, Jaga Etika dan Privasi

Berbicara berkenaan medsos tentu mempunyai dampak positif dan negatifnya. Medsos mempunyai dampak positif kecuali kamu menggunakan bersama dengan bijak seperti untuk membangun koneksi pertemanan, mempromosikan barang dan jasa sampai membantumu mendapat Info terkini di semua dunia. Namun, di balik itu medsos termasuk mempunyai dampak jelek kecuali kamu sampai kecanduan bermain medsos sampai membuatmu insecure kala lihat kehidupan orang lain di dunia maya.

Selain itu, menjaga etika dan privasi di medsos termasuk amat penting, lho! Mengapa begitu? Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak enam langkah bijak menggunakan fasilitas sosial tersebut ini.

1. Jaga Info yang bersifat privasi jasa media nasional murah
Privasi adalah keliru satu perihal perlu yang wajib kamu jaga keamanannya. Terutama bagi kamu pengguna medsos wajib berhati-hati didalam membagikan Info yang bersifat privasi seperti nama lengkap, e-mail, nomer handphone, nomer rekening bahkan alamat tempat tinggalmu.

Jika data teristimewa tersebut sampai bocor ke tangan orang yang keliru mampu saja terjadi cyber crime seperti pembobolan rekening, penipuan sampai jual membeli data pribadi. Jangan sampai perihal tersebut terjadi. Untuk itu jangan asal-asalan untuk membagikan data yang bersifat privasi, terutama bagi orang yang gak kamu kenal di medsos.

2. Jaga etika berkomunikasi
Menjaga etika didalam berkomunikasi gak hanya dilakukan didalam kehidupan nyata. Namun, menjaga etika termasuk wajib kamu laksanakan kala menggunakan medsos. Jangan sampai jari-jarimu itu mengetik perihal yang gak sopan seperti berkomentar kasar atau yang mengandung unsur SARA.

Walaupun gak bicara secara langsung, tetapi komentarmu mampu saja menyakiti perasaan orang lain. Jadi, belajarlah untuk menjunjung orang lain dan pastikan kamu sudah menggunakan kata yang sopan dan layak.

3. Bijak menentukan teman di medsos
Dengan adanya medsos membuatmu lebih ringan didalam melacak teman dan membangun koneksi bahkan berasal dari semua penjuru dunia. Dengan kemudahan yang diberikan ini tentu kamu wajib lebih bijak lagi didalam menentukan teman di medsos. Mengenal teman baru di dunia maya sesungguhnya bukanlah perihal yang ringan gara-gara kamu belum pernah berjumpa secara segera sehingga perlu saat dan proses yang lumayan lama untuk mengenal pola pikirnya.

Jadi, untuk beroleh teman yang mempunyai pola pikir dan hobi yang sejalan, kamu mampu ikuti komunitas yang kamu sukai. Misalnya kamu hobi memasak, kamu mampu ikuti akun-akun yang sering membagikan resep memasak. Tentu kamu akan lebih ringan untuk saling sharing pengetahuan dan menjalin koneksi bersama dengan teman baru. Hindari ikuti account atau pertemanan toxic kecuali hanya membuatmu stres.

LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH
Editor’s Picks
7 Gadget Terbaik Untuk Bantu Cepat Tidur, Atasi Insomnia!
8 Chipset HP Android Terbaik, Responsif Dan Inovatif!
5 Kamera Kompak Full Frame Untuk Aktivitas Fotografi Di 2022
Baca Juga: Bikin Ilfeel, Hindari 5 Hal di Medsos Ini saat Melamar Kerja

4. Jangan asal post
Banyak perihal yang mampu kamu bagikan di medsos merasa berasal dari mengunggah foto, video bahkan kegiatanmu sehari-hari. Namun, bukan artinya kamu mampu menggunggah perihal secara sembarangan, lho! Kamu wajib ingat bahwa jejak digital amat sukar dihilangkan.

Kamu wajib mempertimbangkan mana perihal yang layak dikonsumsi publik dan tidak. Meskipun ada fitur privasi yang mampu kamu pakai, tetap saja sesungguhnya sebaiknya ada perihal gak kamu umbar di medsos seperti masalah teristimewa dan kehidupan pribadimu. Kamu akan ada problem mengenali siapa yang amat peduli atau tidak bersama dengan masalahmu. Jadi, alangkah baiknya untuk mengulas masalah bersama dengan orang-orang terdekatmu.

5. Cari kebenaran dan cantumkan sumber konten kala membagikan sesuatu
Kemajuan teknologi gak memicu semua Info yang kamu mampu di medsdos terjamin kebenarannya. Untuk jauhi hoax (berita bohong) lebih baik melacak Info lebih lanjut pada account medsos atau lembaga formal yang terpercaya.

Kamu termasuk mampu melaporkan berita atau Info hoax yang mampu memicu kepanikan sampai membahayakan keselamatan orang lain. Selain itu, sebelum akan kamu mengidamkan membagikan Info entah itu didalam bentuk foto, video atau postingan ingat untuk mencantumkan sumber asli konten tersebut sehingga tidak melanggar hak cipta.

6. Tetap berhati-hati dan jangan ringan tergiur
Sikap berhati-hati dan berhati-hati didalam menggunakan medsos bukanlah perihal yang mampu kamu abaikan, nih. Nyatanya tetap ada beragam modus kejahatan yang dilakukan oleh orang yang gak bertanggung jawab sehingga mampu merugikan orang lain.

Orang yang kamu lihat di dunia maya mampu saja menampilkan suatu perihal yang jauh berasal dari sebenarnya, sampai memicu orang lain yakin begitu saja. Maka hati-hati kala terima ajakan atau tawaran berasal dari orang yang menyangsikan dan gak kamu kenal di medsos. Jangan ringan tergiur, lebih baik cari mengerti pernah kebenarannya. Hal ini untuk menahan tindak penipuan bahkan penculikan yang mampu saja berawal berasal dari medsos.

Apakah kamu sudah menerapkan sebagian tips di atas? Nyatanya menggunakan medsos gak boleh sembarangan. Ingat, jangan sampai medsos menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. Pentingnya menggunakan medsos secara bijak sehingga kamu terhindar berasal dari hal-hal yang gak diinginkan. Yuk, menggunakan medsos lebih bijak lagi sehingga bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Leave a Comment