Mau Coba Arung Jeram? Berikut Persiapannya

Mau Coba Arung Jeram? Berikut Persiapannya

Melihat sekumpulan orang di atas perahu karet, mengenakan helm dan mengayunkan dayung, melaju di atas aliran sungai yang cukuplliar, sesekali berteriak dengan penuh kegembiraan, pastinya menjadi panorama yang sangat biasa diamati di tepi sungai beraliran deras yang dijadikan tempat arung jeram. Kamu tentu pernah melihat, kan? Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mencoba, tidak hanya melihat, ada lebih dari satu tips untuk pemula yang bisa kamu lakukan, untuk meyakinkan kamu aman, nyaman, dan tetap bergembira! Karena, biarpun bersifat wisata atau rekreasi, arung jeram tetap punya bermacam resiko, berasal dari barang tercebur ke sungai, otot terkilir, sampai cedera yang lebih serius. Jadi, kamu wajib mempersiapkan dirimu baik-baik!

Kenali diri kamu Rafting Magelang
Apakah kamu bisa berenang? Apakah kamu punya kelainan jantung? Apakah kamu punya riwayat asma? Jika ya, kabari khususnya dahulu kepada operator arung jeram. Meskipun kemungkinan saja kamu tetap diperbolehkan ikut, tetapi mereka wajib jelas khususnya dahulu supaya bisa mengambil alih langkah pencegahan yang dibutuhkan. Kalau perlu, bawa terhitung obat-obatan pribadi kamu!

Simpan barang-barang kamu di tempat aman
Biasanya, operator arung jeram dapat punya loker tempat kamu bisa menaruh barang-barang kamu. Jangan sampai gara-gara inginkan mengabadikan momen, kamu tambah kehilangan barang-barang kamu, jika ponsel atau kamera. Kalau tidak ada teman yang bisa dijadikan “penitipan”, atau kamu tidak rela menyewa loker, pastikan kamu punya tas anti air yang saat ini banyak dijual di toko peralatan mendaki. Safety first!

Pemanasan
Banyak orang yang berasumsi remeh arung jeram gara-gara dianggap gampang dilakukan, hanya bersifat rekreasi, atau gara-gara “toh ditemani oleh profesional”. Ditemani oleh profesional sekalipun, kemungkinan untuk cedera tetap ada. Apalagi yang bentuknya cedera otot. Sebelum terjun ke sungai, pastikan kamu beroleh pemanasan yang cukup. Cedera otot di pas arung jeram bukan hanya mengganggu kenikmatan kamu, tetapi terhitung bisa membahayakan. Keram otot di sedang jeram pastinya sangat tidak enak, dan bisa berakibat fatal. Hati-hati, ya!

Dengarkan instruksi berasal dari petugas
Nah, ini bagian yang wajib sangat diperhatikan. Dalam suasana bersemangat untuk langsung memulai arung jeram, seringkali peserta tidak memperhatikan petunjuk berasal dari petugas. Jangan ditiru, ya! Instruksi yang diberikan ini sangat penting, bukan hanya untuk menjamin kamu bisa ikuti semua urutan dengan baik, tetapi terhitung untuk melindungi keselamatan diri kamu. Mereka dapat mengajarkan semua basic yang penting, seperti langkah memegang dayung, posisi tubuh, sampai apa yang wajib dikerjakan terkecuali tiba-tiba kamu tercebut ke sungai. Perhatikan dengan baik, ya!

Leave a Comment