Metode Cara Pemasangan Pondasi Bored Pile dan Perlengkapannya

Metode Cara Pemasangan Pondasi Bored Pile dan Perlengkapannya

Pondasi bored pile adalah keliru satu type pondasi yang kerap digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Pondasi kudu dibangun terutama dahulu sebelum saat bakal melanjutkan pembangunan daerah tinggal atau gedung. Bored pile merupakan type pondasi yang banyak digunakan untuk pembangunan gedung tinggi.

Kalau Anda sedang memiliki konsep pembangunan gedung tertentu, terlalu direkomendasikan untuk perhitungkan pondasi bor pile karena type pondasi yang satu ini dapat disesuaikan bersama dengan situasi daerah daerah pembangunan berlangsung.

Pondasi bored pile adalah sebuah alternatif pondasi. Biasanya, type pondasi yang satu ini bakal digunakan pas proses pengerjaan bangunan tidak cocok untuk menyebabkan pondasi tiang pancang. Bored pile seringkali dibangun di lokasi pembangunan yang sempit Strauss Pile Makassar .

Pembangunan pondasi ini perlu khusus berbentuk bor yang digunakan di anggota awal pembuatannya. Tapi bor untuk menyebabkan pondasi ini ukurannya lebih kecil dan termasuk dalam dan dapat menembus tanah namun tetap tidak menyebabkan keruntuhan.

Bor bakal menembus daerah yang cukup dalam sampai menggapai anggota bebatuan di dalam tanah bersama dengan yang teksturnya lebih keras. Lubang yang dibuat sehabis itu diisi bersama dengan tulang besi lantas proses pengecoran bersama dengan beton pun bakal dilakukan.

Fungsi Pondasi Bored Pile
detail pondasi bore pile
Penggunaan type pondasi yang satu ini umumnya dilaksanakan kecuali anggota tanah dasar di suatu bangunan ternyata tidak memiliki daya dukung yang bagus untuk menopang beban bangunan yang bakal didirikan. Fungsi dari bored pile sesungguhnya tidak jauh tidak sama dari type pondasi lain yaitu tiang pancang.

Yang membedakan bored pile bersama dengan tiang pancang adalah proses pengerjaannya. Pembuatan bored pile di awali bersama dengan melubangi tanah sampai menggapai kedalaman cocok rencana. Lalu proses tersebut bakal dilanjutkan bersama dengan pemasangan tulangan besi dan termasuk pengecoran beton.

Jenis Pondasi Bored Pile

Ada beraneka type pondasi bored pile bangunan yang tersedia. Dilihat dari bentuknya, ada 4 type bored pile yang kerap digunakan, yaitu:

Bored pile yang lurus dan dirancang untuk melubangi tanah yang keras.
Bored pile yang lurus dan digunakan untuk melubangi tanah yang berbatu.
Bored pile yang anggota ujungnya dapat diperbesar dan mempunyai wujud trapezium.
Bored pile yang anggota ujungnya dapat diperbesar dan mempunyai wujud layaknya bel.
Selain keempat type bored pile tersebut, tetap ada tiga type lain yang tersedia. Ketiga type bored pile tersebut dibedakan berdasarkan metode pekerjaan yang digunakan. Jenis-jenis bored pile tersebut adalah:

1. Pondasi bored pile manual

Nama lainnya adalah pondasi strauss pile yang proses pembuatannya dilaksanakan secara manual. Dalam proses pengeboran, dibutuhkan lebih banyak tenaga. Hal ini karena proses pengeboran dilaksanakan di tanah yang kondisinya tetap kering dikala proses pengeboran dilakukan.

Leave a Comment