Tips Merawat Sistem Septic Tank

Tangki septik merupakan kebutuhan di setiap rumah tangga ketika tidak tersedia pengolahan air limbah masyarakat terpusat terutama di daerah pedesaan. Septik adalah tempat semua air limbah dari rumah tangga mengalir sebelum dialirkan ke lingkungan. Merawat dan merawat sistem septic tank Anda tidaklah sulit karena desain sistem septic tank modern berfungsi dengan efisien. Namun ada beberapa panduan yang perlu Anda ikuti agar tangki Anda berfungsi secara efektif untuk waktu yang lama. Iklan Sedot WC Berikut adalah beberapa tips untuk memiliki sistem tangki bebas masalah.

Pertama, Anda tidak boleh membiarkan air hujan yang berasal dari talang atap dialihkan ke saluran pembuangan. Sebuah saluran pembuangan basah mungkin tidak lagi menyerap dan menetralisir cairan limbah dari sistem septik. Saluran pembuangan harus dijaga agar selalu kering karena di situlah cairan dari sistem septik mengalir. Anda harus merencanakan lansekap Anda dengan menanam rumput di atas bidang drainase. Mereka akan membantu menyerap kelebihan air saat saluran pembuangan menjadi basah. Pastikan bahwa rumput tidak memiliki akar yang dapat mencapai pipa lateral untuk mencegah perforasi. Selain itu, jauhkan pohon dari sistem septik. Akar pohon dapat merusak pipa dan septic tank itu sendiri.

Kedua, Anda harus menghindari overloading septic tank dengan mengurangi penggunaan air yang berlebihan. Periksa keran Anda dari kebocoran dan segera perbaiki. Anda juga dapat menggunakan aerator pada keran dan nozel peredam aliran pada pancuran kamar mandi untuk mengurangi konsumsi air. Saat mencuci pakaian, kurangi ketinggian air terutama untuk muatan kecil. Jika Anda akan menjalankan mesin pencuci piring, tunggu sampai penuh. Jangan gunakan mesin pencuci piring untuk piring kecil agar Anda tidak sering menggunakan air. Kurangi jumlah air yang dibutuhkan untuk menyiram toilet dengan menggunakan displacer. Anda tidak hanya akan membebani sistem septic tank tetapi Anda juga dapat menghemat air.

Ketiga, jangan jadikan toilet Anda sebagai tempat pembuangan sampah. Hindari menyiram popok sekali pakai, pembalut wanita, handuk kertas, tisu wajah, bubuk kopi, puntung rokok, dan filter. Mereka akan mengisi sistem tangki septik Anda karena beberapa barang ini tidak dapat terurai secara hayati. Mereka juga akan menyumbat sistem tangki septik Anda dalam waktu yang lebih singkat dan dapat menimbulkan masalah yang lebih besar. Penggunaan pembuangan sampah secara bijaksana harus dilakukan. Banyaknya sampah yang ditambahkan ke dalam sistem septik dapat menumpuk dan membuatnya gagal. Pilih penggiling sampah terbaik sehingga makanan akan digiling menjadi partikel kecil sebelum dibuang ke sistem septik. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi sistem septik untuk mencernanya.

Minimalkan penggunaan pembersih berat dan produk dengan bahan anti bakteri karena ini akan membunuh bakteri menguntungkan di septic tank. Bakteri alami adalah salah satu yang membantu dalam proses pencernaan air limbah dalam memecah padatan menjadi limbah cair. Selain itu, hindari menuangkan bahan kimia berbahaya, pernis, cat, pengencer, bensin, oli motor dan bahan kimia lainnya yang tidak hanya merusak sistem septik tetapi juga berbahaya bagi lingkungan.

 

 

Leave a Comment