Ulasan AOC U2790PQU

AOC U2790PQU adalah monitor 4K dengan desain cerdas dan beragam fitur – yang berarti dapat digunakan di rumah, kantor, atau rumah.

Diagonal 27 inci berarti layar ini jernih dan detail tanpa terlalu besar, dan harganya yang sangat rendah menjadikan ini salah satu panel 4K paling terjangkau di pasaran.

Desain & Bangun

AOC U2790PQU terlihat cerdas dan bergaya. Alasnya adalah lingkaran minimalis dari logam sandblasted, dan dudukan serta bezel bawah yang lebih tebal memiliki tampilan menarik yang sama. Tiga bezel lainnya ramping, yang membuat pengaturan multi-monitor lebih mudah ditangani.

Alas dan dudukan tidak hanya membuat tampilan AOC terlihat cerdas. Permukaannya yang rata memudahkan Anda menyimpan ponsel dan barang lainnya di meja Anda, dan dudukannya memiliki lubang perutean kabel yang besar – sehingga semuanya bisa lebih rapi.

Kualitas pembuatannya bagus, dan bobot 6,5kg baik-baik saja – cukup ringan untuk membuat gerakan relatif tidak menyakitkan. Mekanisme pelepasan cepat di bagian belakang panel membuat bangunan menjadi sederhana.

AOC mencocokkan desainnya yang matang dengan beberapa fitur praktis. Panel ini memiliki penyesuaian ketinggian 130mm yang solid, dan dapat dimiringkan ke depan dan ke belakang, berputar 45° di setiap arah dan berputar ke mode potret. Ini juga kompatibel dengan dudukan VESA 100mm.

Input tampilan ditangani oleh dua port HDMI dan satu koneksi DisplayPort, meskipun perlu diingat bahwa hanya satu dari port HDMI tersebut yang memiliki kemampuan untuk menjalankan panel 4K ini pada 60Hz. Di tempat lain, ada dua port USB 3.0 dan jack audio. Itu masuk akal, tapi sayang sekali tidak ada USB-C yang disertakan.

Ada beberapa area lain di mana panel 4K yang terjangkau ini ditemukan kurang. Tampilan di layar, misalnya: metode navigasi joystick baik-baik saja, tetapi menunya lambat, dengan animasi yang lamban dan waktu pemuatan yang menjengkelkan. Ini juga besar – membentang tepat di bagian bawah layar.

Sepasang speaker 2W mengecewakan: nyaring dan tanpa banyak volume. Mereka bahkan tidak akan benar-benar menangani musik latar saat Anda bekerja, dan bahkan unit desktop yang terjangkau akan melakukan pekerjaan yang lebih baik. Akan lebih baik jika mereka tidak ada dan monitornya bahkan lebih murah, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan lg 27ud58 monitor gaming freesync ips 4k anggaran.

Fitur & Performa

Resolusi 4K dan 27in diagonal berarti AOC memiliki kerapatan piksel 163ppi. Itu luar biasa – di antara yang tertinggi yang akan Anda temukan di layar konsumen mana pun. Artinya, teks, aplikasi, dan gambar sangat jernih – bahkan jika Anda dari dekat, Anda hampir tidak dapat melihat pikselnya.

Tingkat kerapatan yang tajam berarti bahwa AOC dapat menangani tugas foto dan video dengan detail yang luar biasa, dan resolusi tinggi berarti real estate di layar yang luas untuk aplikasi besar dan banyak jendela.

Di bagian dalam, AOC menggunakan teknologi IPS dengan warna 10-bit. Atribut terakhir itu penting – artinya layar ini dapat menghasilkan lebih dari satu miliar corak warna. Banyak panel di ujung pasar ini menggunakan warna 8-bit, yang berarti hanya dapat menangani 16,7 juta warna.

Di tempat lain, spesifikasi AOC sedikit lebih terbatas. Waktu respons 5 ms-nya bagus untuk penggunaan di rumah dan kantor serta untuk game mainstream, tetapi tidak cukup cepat untuk game dan esports yang bergerak cepat – judul-judul tersebut akan terhambat oleh motion blur. Demikian pula, kecepatan refresh 60Hz dapat diterima untuk pekerjaan umum, penggunaan media dan game, tetapi panel game dengan harga ini akan dua kali lebih cepat.

Dalam hal tingkat kualitas, U2790PQU lumayan. Warna AOC adalah poin tertinggi: Delta E 0,94 sangat bagus dan berarti tidak ada penyimpangan yang terdeteksi, dan suhu warna 6.856K cukup dekat dengan ideal 6.500K yang berarti sebagian besar pengguna tidak akan dapat membedakannya.

AOC merender 96,3% gamut warna sRGB dengan volume 108,8%, yang mengesankan – artinya panel ini dapat menghasilkan hampir semua warna yang dibutuhkan oleh tugas kerja umum. Namun, tampilan ini tidak memiliki lebar gamut untuk menangani aplikasi dan situasi Adobe RGB atau HDR.

Pengukuran kecerahan AOC sebesar 316cd/m2 lumayan – cukup tinggi untuk mengatasi tugas pekerjaan, media, dan game.

Namun, layar IPS tidak dikenal karena kontrasnya, dan AOC menderita di sini. Tingkat hitamnya 0,36cd/m2 biasa-biasa saja, rasio kontras terukur layar 878:1 mengecewakan. Hasil ini tidak akan membuat perbedaan besar untuk pekerjaan foto arus utama dan tugas media sehari-hari, tetapi ini berarti area yang lebih gelap akan kurang dalam dan warna tidak terlalu menonjol.

Keseragaman AOC juga mengecewakan. Lampu latar kehilangan 22% kekuatannya di tepi kiri dan 20% di tepi kanan, dan juga kehilangan lebih dari 10% di sudut. Itu mengecewakan untuk layar 27 inci, dan itu berarti tampilan ini tidak cukup konsisten untuk beberapa pekerjaan profesional, jika Anda ingin membeli monitor gaming dengan harga terjangkau di Buy Gaming Monitor Singapore.

Harga & Ketersediaan

Jika Anda berada di Inggris Raya, AOC U2790PQU akan membuat Anda mengembalikan £319, yang merupakan harga terjangkau untuk monitor 4K.

Model yang tepat ini tidak tersedia di AS, tetapi pembeli di sisi Atlantik itu harus mencari AOC U2790VQ – layarnya hampir sama, dan harganya $296 dari Newegg.

Dakwaan

AOC U2790PQU mengesankan di beberapa area utama: resolusi 4K-nya berarti detail besar dan tersedia ruang untuk pekerjaan dan tugas media, dan spesifikasi yang solid ini dipasangkan dengan eksterior yang serbaguna, kokoh, dan bergaya.

Layar AOC memiliki akurasi warna yang bagus, tetapi goyah di beberapa area layar lainnya: kontrasnya sedikit mengecewakan dan keseragamannya buruk.

Kurangnya kontras dan keseragaman yang buruk berarti layar ini tidak cocok untuk skenario kerja yang lebih menuntut, tetapi tetap menjadi pilihan yang baik jika Anda menginginkan layar 4K yang serbaguna dan terjangkau untuk pekerjaan umum dan penggunaan di rumah.

Spesifikasi

AOC U2790PQU: Spesifikasi

  • Ukuran panel: 27in
  • Resolusi: 3.840 x 2.160
  • Teknologi Layar: IPS
  • Rasio Aspek: 16:9
  • Waktu Respons (MPRT): 5ms
  • Sudut Pandang: 178°/178°
  • Penyegaran Maksimum: 60Hz
  • Port Video: 1 x HDMI 2.0, 1 x HDMI 1.4, 1 x DisplayPort 1.2
  • Port USB: 2 x USB 3.0
  • Port Lainnya: 1 x input/output audio
  • Kecerahan: 350cd/m2
  • Kontras Statis: 1000:1

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Buy Gaming Monitors.

Leave a Comment