Ulasan Samsung Odyssey Ark: lebih besar dari besar

Samsung Odyssey Ark adalah salah satu monitor gaming paling keterlaluan yang pernah dibuat. Pikirkan kita melebih-lebihkan? Lihat saja spesifikasinya: ini adalah monster melengkung 55 inci dengan HDR yang memukau dan resolusi 4K.

Ini adalah jenis layar yang dapat membuat setiap game terlihat luar biasa, dan Samsung tidak berhenti di situ – Ark juga memiliki banyak fitur TV pintar, sehingga perusahaan menganggap itu dapat menemukan rumah di ruang tamu Anda, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di review monitor gaming benq zowie xl2740 27-inch 240hz.

Namun, dengan harga £2599, Anda memerlukan kantong yang dalam untuk berinvestasi di Ark. Dan ketika Anda bisa mendapatkan monitor game yang bagus atau TV andalan untuk uang itu, dapatkah Odyssey memberikan yang terbaik dari keduanya?

Desain & Fitur: di depan kurva 

Diagonal 55 inci Tabut langsung imersif – tetapi juga mengintimidasi. Duduk terlalu dekat dan Anda akan melukai leher Anda saat mencoba melihat sudut. Sebaliknya, Tabut berfungsi paling baik jika Anda bersandar di kursi permainan dengan keyboard dan mouse atau jika Anda berada di sofa.

Saat Anda mendapatkan posisi yang tepat, ukuran, resolusi 4K, dan kurva 1000R memberikan pengalaman yang luar biasa dan imersif. Jari-jari kurva itu juga penting: sesuai dengan bentuk mata manusia, yang berarti sudut pandang yang lebih baik.

Kami memeriksa 1.000-an harga pada 1.000-an pengecer untuk memberi Anda harga baru terendah yang dapat kami temukan. Barang dapat memperoleh komisi dari penawaran tersebut.

Rasio aspek 16:9 The Ark cocok untuk sebagian besar game, terutama judul pemain tunggal yang besar. Tetapi Samsung membantu Anda jika Anda menginginkan ukuran atau bentuk yang berbeda juga: Anda dapat mengonfigurasi ulang panel ke resolusi 21:9 atau 32:9 jika Anda lebih suka tampilan yang lebih luas dalam game balap. Anda juga dapat memperkecil layar dan menyesuaikan posisinya, yang berguna jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih ringkas.

Fleksibilitas tidak berhenti. Mode Multi View Samsung membagi tampilan menjadi beberapa jendela. Saat Tabut dalam posisi horizontal, Anda mendapatkan empat ubin 1080p, dan dalam Mode Kokpit vertikal, Anda dapat menggunakan tiga jendela. Anda beruntung jika ingin bermain game, menonton streaming, atau menggunakan alat IM secara bersamaan.

Ini mengesankan, tetapi tidak sempurna. Saat digunakan secara vertikal, ketiga jendela Anda hanya berjalan pada 1280 x 720, membuat game terlihat buram. Mereka hanya bekerja pada 120Hz dalam mode ini juga. Dan meskipun Anda dapat menggunakan PC, aplikasi YouTube, browser web, dan layar smartphone atau laptop yang dicerminkan dalam Multi View, sebagian besar aplikasi tidak didukung dan Anda hanya dapat menggunakan satu input HDMI. Multi View berguna, tetapi saat ini Anda pasti tidak dapat memasukkan apa pun ke dalam tiga atau empat jendelanya.

Untungnya, situasi perangkat lunak Samsung membaik. Di sisi Smart TV, Ark mendukung setiap aplikasi yang Anda perlukan, termasuk streaming game dari Xbox, Nvidia, dan Stadia, dan berjalan di perangkat lunak Tizen yang sudah dikenal. Ark hadir dengan remote control konvensional dan Ark Dial bertenaga surya, yang menggunakan roda besar untuk penyesuaian cepat. Menu di layar responsif. Dukungan Bluetooth bawaan juga berarti konektivitas yang mudah untuk pengontrol Anda.

Layar VA-nya sendiri juga mengesankan. Quantum Mini LED Samsung mencerminkan teknologi Mini LED yang akan Anda temukan di TV, yang berarti Anda mendapatkan lebih dari 1.000 zona peredupan. Sangat bagus dalam menciptakan kontras terbaik dan juga digunakan di Odyssey Neo G8 milik Samsung sendiri.

Meskipun ada banyak hal yang disukai tentang LED Quantum Mini, OLED yang tepat masih lebih baik. Jika Anda menghargai kualitas gambar daripada kecepatan dan kurva penyegaran, TV top seperti Sony XR-55A95K dan Philips 65OLED+936 menghadirkan teknologi OLED sejati dalam desain yang lebih ramping dengan harga yang sama dengan Ark.

Samsung mungkin tidak memiliki OLED, tetapi kecepatan refresh 165Hz melampaui TV tersebut. Ini luar biasa untuk permainan pemain tunggal dan bekerja dengan baik dengan permainan esports kasual, jadi Anda hanya menginginkan sesuatu yang lebih cepat jika Anda benar-benar serius tentang esports. Pastikan Anda juga memiliki kartu grafis yang mumpuni: Anda memerlukan sesuatu seperti Nvidia GeForce RTX 3080 Ti untuk memaksimalkan tampilan. 

Samsung menjejalkan teknologi ini ke dalam layar seberat 41,5kg monster. Bobot Tabut yang tipis berarti pemasangan adalah pekerjaan dua orang, dan dengan lebar 1175mm dan kedalaman 379mm Anda memerlukan meja besar atau dudukan TV untuk mendukung unit ini. Sayangnya, dudukan Ark yang besar dan bezel yang terlihat membuatnya terlihat lebih buruk daripada kebanyakan TV unggulan, dan memang memiliki LED RGB di bagian belakang – tetapi tidak cerah atau mengesankan.

Setidaknya opsi penyesuaian yang sangat baik membenarkan ukuran besar Ark. Ada penyesuaian ketinggian 270mm yang luar biasa di samping gerakan miring dan dukungan VESA – itu lebih dari kebanyakan TV. Selain itu, Mode Kokpit vertikal menjulang di atas pengguna dan memberikan pengalaman yang luar biasa dalam penembak. 

Anda juga tidak perlu dipusingkan dengan kabel di bagian belakang: Kotak One Connect Samsung dapat diakses dari jangkauan TV. Anda dapat menyambungkan perangkat Anda ke empat port HDMI 2.1 yang tahan masa depan dan menggunakan satu kabel untuk menyambungkan ke layar. Ini memiliki internet kabel dan nirkabel di samping port USB, meskipun tidak ada yang cepat, untuk membeli monitor gaming terbaru Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor Singapore.

Performa: luar biasa menurut definisi

Setelah Anda dan seorang teman mengangkat monitor monster Samsung ke posisinya, Anda akan terpesona oleh kualitasnya. LED Quantum Mini menghadirkan titik hitam pekat sebesar 0,02 nits dan dalam mode SDR layar mencapai tingkat kecerahan 742-nit. Kontras berada pada 4.500:1 yang luar biasa, dan kecerahan serta kontras Ark mencapai 1226 nits dan 61.300:1 dalam mode HDR. Hasil terbaik tersebut membuat game terlihat berani, dalam, dan bernuansa.

Layar Samsung juga bekerja dengan baik dengan warna. Delta E 2.29 sangat kokoh, dan panel menampilkan semua gamut sRGB dan hampir semua ruang DCI-P3, sehingga dapat dengan mudah merender game SDR dan HDR.

Setiap game, film, dan acara TV terlihat cemerlang di Ark. Performanya terdepan di kelasnya dalam hal monitor game. Namun jika Anda benar-benar mementingkan kualitas, Anda masih akan mendapatkan performa SDR dan HDR yang lebih baik dari TV OLED teratas. 

Kecepatan refresh 165Hz Ark membuat game pemain tunggal dan judul esports arus utama terlihat mulus, dan melampaui peringkat 120Hz dan 144Hz yang ditawarkan oleh sebagian besar TV top. Namun, jika Anda ingin memainkan game kompetitif, layar 240Hz atau 360Hz lebih baik.

Ini situasi yang mirip dengan waktu respons: Samsung mengklaim 1ms, tetapi Tabut tidak cukup memenuhi angka itu dalam pengujian. Anda tidak akan melihat pelambatan apa pun di game arus utama, tetapi Anda ingin layar lain mengganggu bagian atas papan peringkat.

Game terlihat fantastis di Ark. Kedengarannya juga bagus: di bagian belakang Anda akan menemukan empat speaker dan dua woofer yang menghasilkan daya 60W. Mereka luar biasa, dengan bass yang besar, mid-range high-end yang tajam dan detail, dan Ark unggul dalam suara terarah. TV unggulan tetap lebih baik, tetapi audio Tabut dengan mudah melampaui monitor game mana pun.

Dakwaan 

Layar besar Samsung memberikan pengalaman yang menakjubkan. Ukuran, kurva, dan resolusinya digabungkan untuk tingkat perendaman yang tak tertandingi, dan kualitas gambarnya luar biasa. Tidak diragukan lagi bahwa Ark melebihi hampir semua tampilan game lainnya kecuali Anda menginginkan layar khusus untuk balap atau esports.

Namun, di tempat lain, ini agak campur aduk. Positifnya, ini memiliki fitur TV pintar yang hebat, kontrol intuitif, banyak opsi penyesuaian fisik, dan kecepatan refresh 165Hz yang mulus. Secara negatif, Anda akan mendapatkan kualitas OLED yang lebih baik dari TV unggulan, mode Multi View Ark dan konektivitas keduanya dapat ditingkatkan, dan layar ini besar, berat, dan mahal. 

Samsung Odyssey Ark tidak melakukan segalanya dengan benar, tetapi memberikan kualitas gambar yang sangat baik, faktor bentuk yang berani dan menarik, serta berbagai fitur yang sehat – jadi sangat bagus untuk mengaburkan batas antara monitor dan TV. Jika Anda menginginkan satu layar untuk bermain game PC, bermain konsol, dan menonton media, Ark melakukan pekerjaan yang luar biasa – perhatikan saja kekurangannya dan harganya sebelum Anda berpisah dengan uang tunai.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor.

Leave a Comment